Pengumunan Unas SMP - MTS Diundur 25 Mei

Pengumunan Unas SMP - MTS Diundur 25 Mei
Siswa SMP N 1 Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jabar, mengikuti UNBK pada hari pertama, Senin (23/4). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbud memutuskan mengundurkan pengumuman hasil Ujian Nasional (Unas) SMP - MTS. Sebelumnya pengumuman akan dilaksanakan pada 23 Mei nanti, diundur menjadi tanggal 25 Mei.

Pengumuman pengunduran pengumuman hasil Unas tersebut terdapat di Instagram Kemendikbud. Dalam akunnya, terdapat foto surat edaran dari Badan Standara Nasional Pendidikan (BSNP).

Kepala BSNP Bambang Suryadi membenarkan kabar tersebut. ”Benar diundur,”katanya saat dihubungi Jawa Pos, Jumat (18/5).

Bambang mengatakan alasan pengunduran pengumuman itu supaya tidak jauh antara penyerahan hasil dan pengumuman kelulusan dari satuan pendidikan. ”Pengumuman di tingkat satuan pendidikan pada 28 Mei,”ucapnya.

Penyerahan hasil dari Panitia Tingkat Pusat ke Pantia Tingkat Propinsi juga diundur. Jika jadwa semula pada hari ini (18/5), penyerahan hasil dari Panitia Tingkat Pusat akan dilakukan pada 22 Mei. Ketika ditanya kenapa tidak bisa tepat waktu untuk diserahkan pada 18 Mei, Bambang hanya mengatakan hari ini kementerian libur. ”Besok (hari ini, Red) Sabtu, kementerian libur,”bebernya.

Dia menampik kabar Panitia Tingkat Pusat belum menyelesaikan hasil Unas. Pengolahan di tingkat pusat sudah selesai. ”Tanggal 22 akan diserahkan ke dinas propinisi,” ucapnya.

Pengunduran pengumuman Unas SMP/MTS ini tidak akan mengubah jadwal penerimaan peserta didik baru (PPDB). ”Tidak terganggu karena pengumuman kelulusan dari satuan pendidikan tepat tanggal 28 Mei,”ujarnya.

Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno membenarkan pernyataan Bambang. Perubahan jadwal pengumuman ini bukan terkendala hal-hal teknis. ”Soal sinkronisasi penjadwalan saja,”ungkapnya kemarin. (lyn/wan)

Pengumuman hasil ujian nasional (Unas) tingkat SMP – MTS diundur dari semula direncanakan 23 Mei, menjadi 25 Mei.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News