Pengusaha Anggap Tuntutan Buruh Tidak Realistis

Pengusaha Anggap Tuntutan Buruh Tidak Realistis
Pengusaha Anggap Tuntutan Buruh Tidak Realistis
JAKARTA - Dalam aksi unjuk rasa di depan gedung Balai Kota DKI Jakarta, forum buruh menuntut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menetapkan upah minimum provinsi (UMP) pada Selasa (13/11). Besaran yang mereka minta senilai Rp 2.799.000 atau 141 persen dari nilai komponen kebutuhan hidup layak (KHL).

Jumlah tersebut dinilai tidak realistis oleh pihak pengusaha. Pasalnya, jumlah teresbut akan memberatkan pengusaha terutama pengusaha kecil menengah.

"Kenaikan ini lebih dari 30 persen, sektor UKM yang masih berkembang pasti gulung tikar," ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) DKI, Suprayitno kepada wartawan di sela-sela rapat penentuan UMP di Balai Kota, Selasa (13/11).

Selain itu, sambung Suprayitno, kenaikan ini tidak sesuai dengan angka inflasi DKI jakarta yang hanya 4,5%. Ia mengatakan, dengan tingkat inflasi sebesar itu maka kenaikan yang wajar adalah 15% atau 115% KHL.

JAKARTA - Dalam aksi unjuk rasa di depan gedung Balai Kota DKI Jakarta, forum buruh menuntut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menetapkan upah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News