Pengusaha Tionghoa Demo Kantor PLN

Pengusaha Tionghoa Demo Kantor PLN
Pengusaha Tionghoa Demo Kantor PLN

jpnn.com - MEDAN - Para pelaku usaha di Medan mulai habis kesabaran atas ulah PLN Sumut yang tak becus mengurus listrik. Ratusan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) etnis Tionghoa yang tergabung dalam Perhimpunan Tionghoa Indonesia (INTI) Medan turun ke jalan dan menggelar unjuk rasa ke kantor PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Medan di Jalan Listrik, Senin (23/9).

Massa protes keras atas pemadaman listrik ang kerap terjadi di kota Medan. Sembari membawa spanduk bertuliskan tuntutan dan kecaman terhadap perusahaan plat merah tersebut, pendemo berorasi tepat di depan gerbang kantor.

Sempat terjadi aksi dorong antara pendemo dengan petugas sekuriti kantor PLN. Bahkan terjadi insiden saling pukul antara pendemo dengan petugas. Hanya saja, aksi tersebut berhasil diredam setelah Manager PT PLN area Medan, Abdul Haris Nasution, mendatangi massa pendemo.

"Pemadaman listrik di Medan saat ini akibat defisit cadangan listrik. Ini akan berlangsung hingga November. Kami minta maaf pada masyarakat," ungkap Abdul Haris di depan pendemo.

Kepada Abdul Haris, para pendemo meluapkan keresahan mereka selaku pengusaha lantaran pemadaman listrik membuat aktivitas bisnis dan industri mereka amat terganggu. Pendemo menyebutkan situasi tu dikhawatirkan berdampak pada pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal yang akan melahirkan dampak sosial yang lebih parah. Untuk itu, pendemo menuntut PLN bertanggung jawab dengan mencarikan solusi alternatif untuk menjaga eksistensi dunia usaha.

"Jika krisis listrik ini tak bisa diselesaikan sebaiknya manajemen PLN area Medan mundur saja. Jangan bertahan demi keuntungan pribadi tapi merugikan masyarakat luas," teriak pendemo.

Seusai berorasi dan menyampaikan tuntutannya, ratusan pelaku usaha tersebut meninggalkan areal kantor PLN untuk melakukan long march menuju Lapangan Merdeka Medan yang menjadi titik kumpul awal mereka.

Aksi serupa kembali terjadi di depan kantor PLN di Jalan KL Yos Sudarso, Medan. Puluhan orang yang tergabung dalam Pandawa melakukan unjuk rasa menuntut pertanggungjawaban PLN atas pemadaman listrik yang semakin tak terkendali.

MEDAN - Para pelaku usaha di Medan mulai habis kesabaran atas ulah PLN Sumut yang tak becus mengurus listrik. Ratusan pelaku Usaha Kecil Menengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News