Penipu Ulung Ini Akhirnya Ketangkap, Lihat Nih Tampangnya

Penipu Ulung Ini Akhirnya Ketangkap, Lihat Nih Tampangnya
Pelaku penipuan (pakai baju tahanan) ditangkap polisi. Foto: rakyataceh/jpg

jpnn.com, SIGLI - Alqudri, 50, warga Trubue, Kecamatan Mutiara, Kabupaten Pidie, Aceh, ditangkap polisi di rumah istrinya di Banda Aceh, sekitar pukul 23.00 WIB, Selasa (13/11) lalu.

Dia ditangkap lantaran diduga telah menipu 16 orang dengan modus bisa mengurus kepindahan PNS dan mengangkat seorang menjadi PNS. Tak hanya itu, dia juga menawarkan jasa mengurus proyek pembangunan.

"Tersangka mengaku dekat dengan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. Modus tersebut yang digunakan untuk menipu korban, baik PNS dan CPNS," tegas Kasat Reskrim Polres Pidie, AKP Mahliadi, Rabu (14/11).

Setelah ditangkap, tersangka diperiksa penyidik di Polres Pidie. Polisi juga telah mengamankan barang bukti delapan lembar kwitansi pembayaran dan handphone miliknya.

Mahliadi, menjelaskan bahwa penangkapan tersangka berawal dari laporan korban, Ummiati (30), PNS warga Amut, Kecamatan Glumpang Tiga, Pidie. Laporan berikutnya datang dari Nurleli (36), warga Lancok, Kecamatan Merah Dua, Pidie Jaya.

Ummiati melaporkan, tersangka telah menipu korban sebanyak 15 orang, baik itu dijanjikan pengangkatan PNS dan honorer dijajaran Pemerintah Aceh serta lapangan voli Gampong. Sedangkan Nurleli, merasa dirinya ditipu dijanjikan pindah ke Kantor Gubernur Aceh.

"Setiap korban diminta uang sebanyak Rp 30 juta, dibayar secara bertahap. Dia telah meraup keuntungan dari para korban sebanyak Rp 223 juta, itu juga masih menurut keterangan pelapor Ummiati. Kami lagi mendalami kasus ini, apakah ada indikasi bertambahnya tersangka," jelas Mahliadi.

Menurut pengakuannya, dia bisa mengurus honorer di kantor Gubernur Aceh, dapat mengurus menjadi Satpol PP di Banda Aceh dan mengurus lapangan voli.

Alqudri, 50, warga Trubue, Kecamatan Mutiara, Kabupaten Pidie ditangkap polisi di rumah istrinya di Banda Aceh, sekitar pukul 23.00 WIB, Selasa (13/11) lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News