Penjabat Gubernur Jateng Luncurkan Program Ayo Rukun Saat Peringatan Hari Guru

Penjabat Gubernur Jateng Luncurkan Program Ayo Rukun Saat Peringatan Hari Guru
Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana berfoto bersama seusai peluncuran program Ayo Rukun yang bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional ke-78 tingkat Jawa Tengah di SMKN 1 Semarang, Sabtu, 25 November 2023. Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana meluncurkan program Ayo Rukun untuk mencegah dan menangani kekerasan di satuan pendidikan.

Peluncuran tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional ke-78 tingkat Jawa Tengah di SMKN 1 Semarang, Sabtu, 25 November 2023.

“Kami meluncurkan program Ayo Rukun dalam rangka mencegah dan menangani kekerasan dan bullying di sekolah-sekolah,” kata Nana Sudjana seusai upacara Hari Guru Nasional ke-78.

Melalui program itu, dia berharap tidak ada lagi kekerasan di sekolah sehingga para siswa dapat belajar dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.

Program Ayo Rukun tersebut merupakan implementasi dari Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

“Ayo Rukun” merupakan akronim dari Aksi Gotong Royong Berantas untuk Kekerasan dan Perundungan.

Saat ini sudah ada 19 sekolah yang menerapkan program tersebut dan masih akan bertambah.

“(Anak-anak) Ini kader kita ke depan. Mereka akan menjadi pimpinan-pimpinan di negara ini. Maka kita harus betul-betul memberikan rasa aman, nyaman, dan menyenangkan di sekolah," kata Nana.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana resmi program Ayo Rukun bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional ke-78 tingkat Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News