JPNN.com

Penjelasan Herzaky Soal Kemungkinan Gelombang Kedua Pemecatan Kader Demokrat

Sabtu, 27 Februari 2021 – 14:28 WIB
Penjelasan Herzaky Soal Kemungkinan Gelombang Kedua Pemecatan Kader Demokrat - JPNN.com
Ilustrasi Partai Demokrat. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut Dewan Kehormatan partai masih melakukan proses terhadap kader yang terlibat aktif dalam gerakan pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat (GPK PD).

Hal itu diungkapkan Herzaky untuk menanggapi kemungkinan pemecatan kader gelombang kedua di Demokrat setelah muncul GPK PD secara sembunyi-sembunyi.

"Di pusat, ada beberapa keputusan yang juga akan kami keluarkan untuk kader tertentu yang sudah sangat jelas perbuatan tingkah laku buruknya. Sudah diproses di dewan kehormatan," kata Herzaky dalam diskusi virtual berjudul Kemelut Partai Demokrat Berlanjut, Sabtu (27/2).

Dia menerangkan, pimpinan Demokrat taat terhadap asas. Partai Demokrat tidak melakukan pemecatan tanpa proses. Walakin kader Demokrat menuntut pelaku GPK PD diusir dari partai.

"Bagaimanapun kalau ada rampok, pengkhianat, sebenarnya kami bisa langsung usir. Aspirasi kader kami di Indonesia meminta mereka diusir, tetapi kami taaat prosedur, taat asas, kami gunakan mekanisme seperti di partai," ungkap dia.

Di sisi lain, kata dia, pengurus pusat Demokrat membuka ruang rekonsiliasi bagi kader daerah yang terlibat pasif dalam GPK PD.

Misalnya, kata dia, rekonsiliasi diberikan ke kader yang terlibat atas dasar ancaman, terhasut, dan tertipu oleh aktor utama GPK PD.

"Ada ruang rekonsiliasi bagi kader kami di daerah, karena mereka bergabung ada yang terhasut," beber dia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...