Penjelasan Lion Air Soal Pesawat Rute Kupang - Surabaya yang Sempat Gagal Terbang

Penjelasan Lion Air Soal Pesawat Rute Kupang - Surabaya yang Sempat Gagal Terbang
Pesawat Lion Air. Ilustrasi. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com - KUPANG -  Pesawat Lion Air nomor terbang JT-693 registrasi PK-LQS jenis Boeing 737-900ER rute Bandara Eltari, Kupang, Nusa Tenggara Timur, tujuan Bandara Internasional Juanda, di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (26/2), mengalami keterlambatan penerbangan setelah pintu darurat dibuka oleh penumpang karena ada handphone yang mengeluarkan asap. 

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan resminya, Minggu (26/2) memberikan penjelasan terkait insiden tersebut.

Lion Air menyatakan bahwa penanganan operasional dan penumpang rute tersebut sudah dilaksanakan menurut standar operasional prosedur (SOP).

Menurut Danang, Lion Air akan mengoperasikan pesawat dengan registrasi PK-LQS jenis Boeing 737-900ER yang membawa 163 penumpang.

Sebelum keberangkatan penerbangan pukul 06.15 WITA, Lion Air melakukan prosedur untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan.  

Adapun proses yang dilakukan itu, antara lain, pemeriksaan awal pesawat secara menyeluruh oleh teknisi dan pilot untuk menjamin semua sistem dan komponen berfungsi serta bekerja dengan baik.

“Hasilnya pesawat laik terbang dan aman dioperasikan (airworthy for flight),” kata Danang

Kemudian, penanganan dan pemeriksaan seluruh penumpang dilakukan petugas keamanan.

Lion Air memberikan penjelasan soal pesawat yang sempat batal terbang gegara pintu darurat dibuka penumpang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News