Penjelasan Prof dr Irawan, sang Promotor Dokter Terawan

Penjelasan Prof dr Irawan, sang Promotor Dokter Terawan
Krishna Murti saat menjadi pasien dokter Terawan Agus Putranto. Foto: Instagram Krishna Murti

jpnn.com, MAKASSAR - Promotor dokter Terawan Agus Putranto SpRad(K), Prof dr Irawan Yusuf PhD, mengungkapkan, tidak ada masalah dalam metode pengobatan yang dilakukan Kepala RSPAD Jakarta itu. Bahkan, sebelumnya sudah diujicobakan ke ratusan orang.

Menurut Irawan, metode Digital Subtraction Angiography (DSA) atau Cuci Otak bukan hal baru. Namun, ada inovasi yang dilakukan Dokter Terawan dan membawa banyak manfaat bagi penderita stroke.

Inovasi yang dilakukan Terawan dengan menginjeksikan Heparin kepada pasien. Itulah yang membuat peredaran darah yang tersumbat menjadi aliran lancar.

"Yang orang tahu, DSA itu hanya untuk diagnosis. Terawan bisa mengubah DSA dari diagnosis menjadi terapi dengan menginjeksikan heparin kepada pasien," jelasnya.

Menurut Irawan, seorang dokter memang harus berani berinovasi untuk menjadi maju. Namun perlu adanya riset agar inovasi tersebut betul-betul teruji. Menurut Irawan, Terawan telah melalui riset yang cukup lama.

Mengenai permasalahan pemecatan Terawan perihal kode etik, Irawan belum mengetahui secara jelas penyebab pemecatan tersebut.

"Saya tidak tahu persis kode etik apa yang dia (Terawan, Red) langgar," imbuhnya. (ind-cha-rdi/rif-zuk)


Menurut Prof dr Irawan, Dokter Terawan telah mengubah DSA sebagai diagnosis menjadi terapi.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News