Penjualan HP Tahun Ini Diprediksi Bakal Turun 3 Persen

Penjualan HP Tahun Ini Diprediksi Bakal Turun 3 Persen
Pertimbangkan 5 Hal ini Sebelum Membeli Smartphone. Foto for JPNN.com

jpnn.com - Perkembangan teknologi jaringan 5G dianggap membawa angin segar. Banyak produsen handphone (HP) berharap, dengan hadirnya jaringan 5G dipercaya dapat mendorong penjualan mereka tahun ini.

Apa yang diharapkan kadang tidak semudah yang dipikirkan. Dalam sebuah laporan CCS Insight, penjualan HP di tahun ini kemungkinan akan turun sebesar tiga persen.

BACA JUGA: Penjualan Smartphone Nyaris 1 Miliar Unit

Menurut CCS Insight, penurunan itu terjadi karena ada perubahan perilaku konsumen dan tantangan makro yang akan membuat penjualan tahun ini hanya ada di angka 1,8 miliar perangkat saja.

"Penjualan 2 miliar ponsel per tahun tampak begitu dekat beberapa tahun yang lalu. Tetapi tahun ini mungkin masih menjadi mimpi yang jauh bagi industri ini," beber wakil presiden CCS Insight Marina Koytcheva seperti dikutip TechRadar, Kamis (28/3).

Marina menyatakan, negara yang paling akan merasakan penurunan penjualan adalah Cina dengan penurunan sebesar sembilan persen. Sedangkan India akan menjadi pasar yang paling segar dengan peningkatan volume penjualan sebesar lima persen.

"Kami sudah mensurvei konsumen di beberapa pasar utama Eropa Barat menyatakan 35 persen dari mereka berencana untuk menjaga ponsel mereka yang dimiliki saat ini," kata Marina.

"Hanya 13 persen mengatakan kepada kami bahwa mereka akan mengganti HP mereka lebih cepat daripada sebelumnya," sambung dia.

Dalam sebuah laporan CCS Insight, penjualan HP di tahun ini kemungkinan akan turun sebesar tiga persen. Kehadiran teknologi 5G tidak berpengaruh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News