Penjualan Sepeda Motor Kejar Omzet Rp 120 Triliun

Penjualan Sepeda Motor Kejar Omzet Rp 120 Triliun
Penjualan Sepeda Motor Kejar Omzet Rp 120 Triliun

JAKARTA - Tahun lalu penjualan sepeda motor baru mencapai 7,9 juta unit dengan omzet Rp 94,8 triliun.  Untuk tahun 2017-2018, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menargetkan penjualan bisa mencapai 10 juta unit dengan omzet Rp 120 triliun.
               
Ketua Umum Asoasiasi AISI, Gunadi Sindhuwinata mengatakan dengan penjualan sebanyak 7,9 juta unit pada tahun 2014, omzet yang diperoleh industri sepeda motor mencapai Rp 94,8 triliun.

AISI berharap penjualan sepeda motor pada tahun ini bisa tembus delapan juta unit, dengan omzet mencapai Rp 96 triliun."Kita perkirakan tahun ini masih ada kenaikan meski tipis," ujarnya kemarin (10/3).
            
Pihaknya berharap kondisi perekonomian nasional dan paramater global terus membaik. Dengan begitu, daya beli masyarakat terhadap sepeda motor tetap tinggi. AISI memperkirakan pada tahun 2017-2018 penjualan sepeda motor bisa mendekati 10 juta unit. "Kalau penjualan bisa 10 juta unit, omzetnya nanti tembus Rp 120 triliun," ungkapnya.
            
Namun, dia memperkirakan industri sepeda motor nasional perlu menambah investasinya dalam 2-3 tahun mendatang. Pasalnya, kapasitas produksi terpasang industri sepeda motor nasional tidak akan mampu mencukupi permintaan.

"Kapasitas produksi sekarang 9,5 juta unit, kalau asumsi (penjualan) 10 juta unit tercapai maka harus investasi," tambahnya.
            
Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Mohammad Masykur mengaku tetap optimis menghadapi tahun 2015. Oleh karena itu dia memastikan model-model baru akan terus hadir di 2015. "Itu salah satu strategi kami, tahun ini hampir setiap bulan kita akan keluarkan model baru," katanya.
            
Model-model baru yang dikeluarkan Yamaha pada tahun ini dipastikan lebih ramah lingkungan dan hemat energi. Pasalnya, mesin sepeda motor Yamaha akan menggunakan standar Euro3 dan teknologi Blue Core.

"Akan ada banyak perubahan tapi ada juga yang tidak banyak. Yang pasti kita akan selalu penuhi kebutuhan dan keinginan konsumen," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (AHM), Margono Tanuwijaya menargetkan penjualan sebanyak 5,1 hingga 5,3 juta unit motor pada tahun ini. Tahun lalu penjualan sepeda motor Honda mencapai 5 juta unit.

Beberapa model telah disiapkan untuk meramaikan pasar motor nasional hingga akhir tahun nanti."Kami masih mengandalkan penjualan skutik skuter matik) sekitar 70 persen," jelasnya. (wir)  

 


JAKARTA - Tahun lalu penjualan sepeda motor baru mencapai 7,9 juta unit dengan omzet Rp 94,8 triliun.  Untuk tahun 2017-2018, Asosiasi Industri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News