Pentingnya Puasa dan Bahaya Perut Kenyang

Pentingnya Puasa dan Bahaya Perut Kenyang
Pentingnya Puasa dan Bahaya Perut Kenyang. Foto Ilustrasi

jpnn.com, SEMARANG - Orang Jawa sering menyebut bulan Ramadan sebagai ulan pasa (bulan puasa) karena pada bulan ini umat Islam diwajibkan untuk menjalan ibadah puasa sebulan penuh.

Menurut Islam puasa adalah suatu bentuk aktivitas ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, hubungan suami istri, dan hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak fajar hingga terbenamnya matahari.

Puasa merupakan latihan spiritual (madrasah ruhaniyah) bagi umat beriman untuk senantiasa dekat dengan Tuhan. Dekat dengan Tuhan berarti dekat dengan kebaikan dan kebenaran.

Pentingnya Puasa dan Bahaya Perut KenyangPenulis Hasyim Muhammad. Foto Radar Semarang/JPNN.com

Puasa merupakan ritual ibadah yang dijalani oleh hampir seluruh agama dan kepercayaan di muka bumi, oleh karenanya maka bisa dibilang bahwa Ibadah puasa adalah ajaran yang bersifat universal.

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 83 Allah memerintahkan umat beriman untuk menjalankan puasa, sebagaimana juga diperintahkan kepada umat-umat sebelumnya agar menjadi orang yang bertaqwa.

Ritual puasa dijalani oleh umat manusia dengan tata cara yang berbeda-beda, bahkan juga dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada puasa yang diwajibkan ada pula yang sekedar dianjurkan.

Ada juga yang hanya karena hajat tertentu maka seseorang menjalankan puasa, dengan harapan hajatnya akan terkabul.

Orang Jawa sering menyebut bulan Ramadan sebagai ulan pasa (bulan puasa) karena pada bulan ini umat Islam diwajibkan untuk menjalan ibadah puasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News