Penulis Australia Menangkan Man Booker Prize 2014

Penulis Australia Menangkan Man Booker Prize 2014
Penulis Australia Menangkan Man Booker Prize 2014

Penulis terkenal Australia Richard Flanagan berhasil memenangkan penghargaan sastra bergengsi Man Booker Prize tahun 2014.

Flanagan yang berasal dari Tasmania memenangkan penghargaan itu lewat novelnya The Narrow Road to the Deep North dan diganjar hadiah 50 ribu pound (sekitar Rp 880 juta) dalam acara penganugerahan di London.

Novel ini bercerita tentang tawanan perang di Burma, mengalahkan lima novel lainnya untuk kategori penghargaan internasional.

Flanagan merupakan penulis Australia keempat yang meraih penghargaan ini.

"Saya sudah senang dan kaget setelah masuk kategori long list tahun ini, dan sudah bangga bisa masuk short list," katanya.

"Penghargaan ini merupakan kebanggan terbesar dalam dunia sastra dan saya sama sekali tidak menyangka," tambahnya.

Cerita novel ini terinspirasi oleh kisah ayah Richard Flanagan bernama Archie Flanagan, yang selamat setelah menjalani hidup sebagai tawanan perang di jalur kereta api Thailand - Burma.

Sebelumnya Flanagan menulis lima novel dalam 12 tahun. "Lalu saya sadari, ayah saya makin menua, dan saya bertekad menyelesaikan novel ini sebelum ia meninggal dunia," jelasnya.

Penulis terkenal Australia Richard Flanagan berhasil memenangkan penghargaan sastra bergengsi Man Booker Prize tahun 2014.Flanagan yang berasal dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News