Penundaan Pembatasan BBM Dinilai Tepat

Penundaan Pembatasan BBM Dinilai Tepat
Penundaan Pembatasan BBM Dinilai Tepat
JAKARTA — Penundaan rencana pembatasan BBM subsidi hasil kesepakatan DPR dengan Pemerintah, dinilai oleh pengamat ekonomi Purbaya Yudhi Sadewa sebagai langkah yang tepat. Karena pemerintah khususnya Pertamina dan ESDM, dinilai masih belum siap memberlakukan kebijakan tersebut.

"Penundaan pembatasan BBM subsidi jelas sangat bagus, karena kelihatannya pemerintah belum siap memberlakukannya, baik dari segi infrastruktur, mekanisme, dan pengawasannya," kata Purbaya pada wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (15/12).

Purbaya mengatakan, bila tidak dipersiapkan dengan sebaik mungkin, maka pembatasan BBM subsidi bisa berbalik menjadi masalah baru bagi pemerintah. Dikatakannya, bila ternyata pembatasan BBM subsidi terjadi kebocoran, maka dampak nyatanya berimbas pada angka inflasi.

"Pemerintah harus hati-hati. Kalau tidak terjadi kebocoran, mungkin tidak pengaruh pada inflasi. Tapi kalau hitung-hitungan saya, terjadi kebocoran sedikit saja, maka inflasi yang bisa terjadi maksimal bisa sampai 3,5 persen," kata Purbaya.

JAKARTA — Penundaan rencana pembatasan BBM subsidi hasil kesepakatan DPR dengan Pemerintah, dinilai oleh pengamat ekonomi Purbaya Yudhi Sadewa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News