Penurun Kolesterol Golongan Statin Aman Dikonsumsi

Penurun Kolesterol Golongan Statin Aman Dikonsumsi
Penurun Kolesterol Golongan Statin Aman Dikonsumsi
JAKARTA  -  Obat penurun kolesterol golongan statin tetap aman dikonsumsi masyarakat untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini mengemuka dalam diskusi Lipid Education in Asia Program (LEAP) yang diikuti oleh dokter-dokter ahli di bidang kardiologi, endokrinologi, nefrologi dan ahli penyakit dalam se-Asia Pasifik di Bali.

Secara klinis, hasil penelitian atas obat-obatan penurun kolesterol golongan statin menunjukkan dapat mengurangi resiko penyakit jantung secara signifikan pada berbagai macam pasien. Termasuk pasien yang memiliki resiko berganda, juga pasien dengan penyakit jantung koroner termasuk mereka dengan penyakit diabetes tipe 2, dengan faktor-faktor resiko tambahan.

"Tahun 2009 prevalensi diabetes di Indonesia adalah 5,7 persen dan sekitar 10 persen mengidap gangguan kadar gula darah. Setiap tahun mengalami peningkatan," kata Dr Pradana Suwondo, Ketua Perhimpunan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) dalam keterangan persnya yang diterima JPNN, Sabtu (21/4).

Mengenai adanya risiko peningkatan kadar gula darah pada pemakaian obat penurun kolesterol golongan statin atau hiperglikemia,  menurutnya, tidak perlu terlalu dikuatirkan.

JAKARTA  -  Obat penurun kolesterol golongan statin tetap aman dikonsumsi masyarakat untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News