Penyakit Tifus Mewabah di Pontianak

Penyakit Tifus Mewabah di Pontianak
Penyakit Tifus Mewabah di Pontianak
PONTIANAK - Penyakit tifus atau yang dikenal thypus abdominalis mewabah di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Multi Juto Bhatarendo mengungkapkan hingga minggu 11 sepanjang tahun 2011, penderita tifus menembus angka 200 kasus. Jumlah ini melebihi penyakit demam berdarah yang hanya dua kasus.

”Lebih banyak daripada demam berdarah. Berdasarkan data dari setiap puskesmas, kasus demam berdarah hingga minggu ke 11 hanya dua kasus. Masyarakat harus waspada dengan berperilaku hidup sehat dan bersih,” ujar Multi kepada Pontianak Post (Groupn JPNN). Namun, ia tidak menyebut apakah sudah ada korban yang meninggal dunia akibat mewabahnya penyakit tifus ini. 

Menurut Multi, penyakit ini tidak hanya menyerang anak-anak tetapi juga orang dewasa. Kata dia, tifus merupakan penyakit infeksi bakteri pada usus halus atau pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C.

Multi menjelaskan kuman masuk melalui makanan atau minuman ke saluran pencernaan. Setelah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa, masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Biasanya penderita mengalami demam lebih dari seminggu

PONTIANAK - Penyakit tifus atau yang dikenal thypus abdominalis mewabah di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Kepala Dinas Kesehatan Kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News