Penyaluran Bantuan Pangan 2024 Telah Dimulai, Naik untuk 22 Juta KPM

Penyaluran Bantuan Pangan 2024 Telah Dimulai, Naik untuk 22 Juta KPM
Presiden Jokowi menyalurkan Bantuan Pangan 2024. Foto: dok Bulog

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah kembali menyalurkan Bantuan Pangan 2024 melalui Badan Pangan Nasional dengan penugasan Badan Urusan Logistik (Bulog).

Setelah sukses 100 persen menyalurkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) pada 2023, tahun ini ada peningkatan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Beras menjadi sebanyak 22 juta KPM dari sebelumnya sebanyak 21,3 juta.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan bantuan tersebut pada 2 Januari di Cilacap dan dilanjutkan (3/1) di Banyumas dan Tegal Jawa Tengah.

"Yang paling penting beras Bantuan Pangan Januari sudah bisa diterima hari ini, dan akan dilanjutkan untuk bulan Februari dan Maret. Nanti akan dilihat lagi kalau APBN nya memungkinkan akan ditambah April Mei Juni", kata Presiden Jokowi saat membagikan beras Bantuan Pangan kepada KPM di Tegal (3/1).

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan pada bantuan pangan beras 2024 terdapat perubahan database penerima bantuan.

Menurutnya, pada 2024, NFA dan Bulog bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggunakan data Pensasaran Percepatan penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Bantuan pangan beras di tahun 2024 ini menandai dimulainya penggunaan data P3KE dari Kemenko PMK. Validitasnya cukup kuat sehingga 22 juta KPM yang menjadi penerima bantuan pangan beras tahun ini, benar-benar merupakan kelompok masyarakat yang sangat perlu dibantu. Kita yakin tahun ini bisa lebih tepat sasaran,” jelas Arief.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengungkapkan pihaknya siap merealisasikan penyaluran beras Bantuan Pangan ini hingga Juni 2024 sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi.

Pemerintah kembali menyalurkan Bantuan Pangan 2024 melalui Badan Pangan Nasional dengan penugasan Badan Urusan Logistik (Bulog).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News