Penyebaran Penyakit Berpotensi Terjadi di Masa Mudik, Simak Pesan Lestari Moerdijat

Penyebaran Penyakit Berpotensi Terjadi di Masa Mudik, Simak Pesan Lestari Moerdijat
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta masyarakat dan para tenaga kesehatan agar meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi potensi penyebaran penyakit di masa mudik. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan agar kewaspadaan masyarakat dan para pemangku kepentingan harus ditingkatkan menyusul bermunculnya kembali gejala penyakit polio dan Covid-19.

Dia berpesan di masa mudik, masyarakat diharapkan tetap peduli terhadap aspek kesehatan.

"Di tengah aktivitas mudik, sejumlah gejala penyakit sedang merebak. Masyarakat dan para tenaga kesehatan diharapkan meningkatkan kewaspadaan dan tetap menjaga kesehatan secara berkesinambungan," pesan Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/4).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan ada sebanyak 42 kasus acute flaccid paralysis (AFP) atau lumpuh layu akut pada anak di DKI Jakarta.

Indikasi AFP tersebut masuk dalam status dugaan penyakit polio.

Di sisi lain, saat ini Indonesia juga sudah mencatat dua kasus Covid-19 dengan infeksi subvarian Omicron XBB 1.16 atau varian Arcturus.

Varian ini diduga menjadi penyebab lonjakan kasus Covid-19 di beberapa negara lainnya, termasuk India.

Menurut Lestari, kondisi tersebut menuntut kewaspadaan para pemangku kepentingan untuk menjaga agar tidak terjadi penyebaran penyakit yang lebih luas lagi.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta agar kewaspadaan ditingkatkan menghadapi potensi penyebaran penyakit di masa mudik, simak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News