Penyebaran Virus Polio Mulai Gawat, New York Sudah Tekan Tombol Darurat

Penyebaran Virus Polio Mulai Gawat, New York Sudah Tekan Tombol Darurat
Keberhasilan Amerika Serikat menghapuskan ancaman polio puluhan tahun Ed JONES / AFP

jpnn.com, NEW YORK CITY - Polio kembali meneror Amerika Serikat (AS), puluhan tahun setelah negara itu dinyatakan bebas dari penyakit penyebab kelumpuhan tersebut.

Penyakit yang disebabkan oleh  virus itu menimbulkan kepanikan di Negara Bagian New York, jantung keuangan dan media Paman Sam.

Gubernur New York telah memberlakukan status darurat polio setelah muncul bukti bahwa virus telah menyebar ke seluruh negara bagian.

Pejabat kesehatan mengatakan bahwa uji sampel air limbah New York City dan empat wilayah administrasi lainnya telah menunjukkan hasil positif untuk virus polio.

Meskipun sejauh ini hanya satu kasus yang dikonfirmasi, tetapi itu adalah yang pertama di negara itu dalam hampir satu dekade.

Polio berhasil dikalahkan di sebagian besar wilayah AS setelah pemerintah meluncurkan program vaksinasi pada tahun 1955.

Pada 1979, negara adidaya itu akhirnya dinyatakan bebas polio.

Namun, menurut pejabat New York, tingkat vaksinasi di beberapa wilayah negara bagian itu masih terlalu rendah. Deklarasi darurat hari Jumat bertujuan untuk mendorong tingkat imunisasi yang lesu.

Amerika Serikat sudah terbebas dari polio sejak 1973. Namun, penyakit yang menyebabkan kelumpuhan itu kini kembali meneror New York

Sumber BBC

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News