Penyedia Hasil Tes PCR Palsu Ditangkap Polisi, Nih Pelakunya

Penyedia Hasil Tes PCR Palsu Ditangkap Polisi, Nih Pelakunya
Ilustrasi - Penjual hasil tes PCR palsu dan juga calo tiket pesawat ditangkap tim Polda Metro Jaya. Foto: ANTARA/Irsan Mulyadi

jpnn.com, JAKARTA - Tim dari Polda Metro Jaya (PMJ) kembali membekuk pelaku pemalsuan surat keterangan polymerase chain reaction (PCR).

Kali ini polisi menangkap pelaku pembuatan surat swab PCR palsu berinisial FN.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, tersangka FN sehari-hari bekerja sebagai calo tiket pesawat plus menjual surat keterangan hasil swab PCR via online.

"Pelaku FN menawarkan tiket pesawat plus ada PCR tanpa melalui tes. Jadi, dia sanggup menyiapkan tanpa melalui tes, nanti akan keluar dan keasliannya akan dijamin," kata Yusri saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Selasa (27/7).

Saat beraksi, FN memastikan kepada setiap pemesan untuk menyediakan surat hasil keterangan negatif PCR asalkan dengan biaya tambahan sebesar Rp 700 ribu.

"Dia bisa menyiapkan dengan biaya tambahan untuk PCR palsu. Jadi, tidak mau tahu orang (pemesan, red) yang penting hasilnya negatif," ujar Yusri.

Kepada polisi, pelaku mengaku telah melancarkan aksinya itu sejak Juni 2021.

Menurut Yusri, pelaku juga mengaku memesan hasil tes PCR palsu itu kepada seseorang yang saat ini tengah dalam pengejaran polisi.

Tim dari Polda Metro Jaya kembali membekuk pelaku pemalsuan surat keterangan hasil PCR Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News