Penyelenggara RSBI Harus Transparan soal Keuangan

Kemendiknas Harus Bisa Lakukan Intervensi

Penyelenggara RSBI Harus Transparan soal Keuangan
Penyelenggara RSBI Harus Transparan soal Keuangan
JAKARTA — Keberadaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) terus mengundang kritikan. Pengamat Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jimmy Paat, mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) harus bisa mengintervensi para pejabat yang terkait dengan sekolah RSBI.

“Selama ini Kemendiknas selalu berkelit tidak bisa intervensi, padahal seharusnya bisa menekan Irjen dan Kepala Dinas untuk meningkatkan kinerjanya. Selama ini saya lihat sangat lemah.  Padahal mereka diberi kewenangan untuk mengawasi dan menindak sekolah RSBI nakal,” ujar Jimmy saat dihubungi melalui telepon selularnya, Selasa (13/7).

Di dalam regulasi baru yang akan dikeluarkan oleh Kemdiknas, lanjut Jimmy, Kemdiknas harus memperhatikan masalah pengawasan pelaksanaan RSBI.  “Dengan kata lain, harus meningkatkan fungsi Inspektur Jenderal dan Kepala Dinas di daerah,” tandasnya.

Selain itu, terang Jimmy, Kemendiknas juga harus meningkatkan sosialisasi tentang pentingnya transparansi dalam pengelolaan keuangan di sekolah RSBI.  Sebab, setiap orang tua murid berhak untuk mengetahui pendapatan serta peruntukan uang yang ada di sekolah tersebut.

JAKARTA — Keberadaan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) terus mengundang kritikan. Pengamat Pendidikan dari Universitas Negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News