Penyuluh Pertanian Garda Terdepan Ketahanan Pangan Bangsa

Penyuluh Pertanian Garda Terdepan Ketahanan Pangan Bangsa
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi safari kerja di DIY dengan mengunjungi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Sabtu (23/9/2023). Foto: Kementan

jpnn.com, KULONPROGO - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi melanjutkan safari kerja di DIY dengan mengunjungi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Sabtu (23/9).

Di hadapan penyuluh pertanian dan petani yang hadir, Dedi memberikan rangkaian motivasi yang membangkitkan semangat.

"Sebaik-baiknya manusia jadilah yang bermanfaat, baik bagi sesama manusia maupun alam sekitarnya. Dan sebaik-baiknya manusia adalah petani, karena mereka menyediakan hasil makanan bagi semua orang, menyediakan oksigen untuk kita hirup dari tanaman yang ditanam," ujar Dedi.

Dikatakannya, ketangguhan petani sudah teruji saat pandemi Covid-19.

Dia mengatakan petani tidak kenal lelah dan takut untuk tetap bekerja demi memenuhi pangan masyarakat Indonesia.

"Salah satu yang membuat kita bertahan dari hantaman Covid-19 bukan hanya vaksin tapi juga pangan. Tanpa pangan, kita sudah pasti ambruk diterjang Covid-19, itulah mengapa kita harus berterima kasih kepada petani," ungkapnya.

Dedi menambahkan pertanian juga berkontribusi nyata terhadap ketahanan ekonomi. Saat semua sektor kewalahan bertahan di tengah pandemi, pertanian mampu menyumbangkan pertumbuhan positif terhadap ekonomi Indonesia.

"Pertanian menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan, bahkan menyumbangkan pertumbuhan positif," katanya.

Penyuluh merupakan sahabat petani yang menjadi garda terdepan ketahanan pangan bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News