Peran Kompolnas Dinilai Ecek-ecek

Peran Kompolnas Dinilai Ecek-ecek
Peran Kompolnas Dinilai Ecek-ecek
JAKARTA - Masih tingginya angka konflik antara Polri dengan TNI serta pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh Polri membuat peran Kompolnas juga dipertanyakan. Pasalnya Kompolnas hanya bisa memberi saran dan rekomendasi.

"Siapa ke depan yang perlu mengontrol polisi? Kompolnas ini ecek-ecek aja. Mereka lapor presiden, presiden juga sibuk ngurus negara," kata pengamat kepolisian Kombes Pol Alfons Loemau dalam diskusi dengan tema Cerita Lama Polisi dan TNI di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/3).

Lantas apakah harus ada lembaga baru pengganti Kompolnas? Menurut Alfons, yang perlu dilakukan adalah memperkuat kewenangan Kompolnas tersebut, tidak hanya sebatas memberi saran dan rekomendasi, tapi harus bisa memberi sanksi.

"Kalau perlu Kompolnas dipekruat, jangan hanya beri saran dan rekomendasi, tapi juga bisa beri sanksi. Seperti komisi etik di KPK," ulasnya.

JAKARTA - Masih tingginya angka konflik antara Polri dengan TNI serta pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh Polri membuat peran Kompolnas juga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News