Peran LTSA Terus Dioptimalkan

Peran LTSA Terus Dioptimalkan
Deputi Penempatan saat diskusi dengan anggota DPRD Provinsi NTB dan Media di Jakarta. Foto: Humas BNP2TKI

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Penempatan BNP2TKI Teguh Hendro Cahyono menyatakan peran Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) terus dioptimalkan untuk memberikan layanan kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) di daerah.

“Peran utama kita harus optimalkan LTSA, embrio LTSA ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terdiri dari beberapa instansi terkait,” ujar Deputi Penempatan saat diskusi dengan anggota DPRD Provinsi NTB dan Media di Jakarta pada Jumat (12/10).

Sejak 2014 hingga Agustus 2018, BNP2TKI sudah meresmikan sebanyak 20 LTSA. Di antaranya di Mataram, Surabaya, Nunukan, Yogyakarta, Gianyar, Indramayu, Sambas, Lombok Tengah, Cirebon, Sumbawa, Cilacap, Sukabumi, Entikong, Lombok Timur, Pati, Karawang, Subang, Tulungagung, Brebes, dan Kendal.

Saat ini yang sudah ada gedung LTSA yaitu Tanjung Pinang, Batam, Kupang, Sumba Barat, Lombok Barat, Bima dan Bandung.

Di dalam LTSA terdiri dari berbagai Instansi yaitu Disdukcapil, Disnaker, Dinkes dan RSUD, Imigrasi, Kepolisian, BPJS Ketenagakerjaan, BP3TKI dan Perbankan.

Masing-masing instansi tersebut memberikan tugas pelayanan sesuai fungsi layanan di LTSA.

“LTSA sangat membatu dalam memberikan pelayanan yang mudah, kendati demikian ada beberapa LTSA yang belum optimal dengan sarana dan prasarananya,” jelasnya.

Teguh mengatakan, LTSA tidak hanya inisiasi dari BNP2TKI tapi merupakan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017.

Sejak 2014 hingga Agustus 2018 BNP2TKI sudah meresmikan sebanyak 20 LTSA di beberapa wilayah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News