Perang Tiga Jago Kandang

Perang Tiga Jago Kandang
Foto : UEFA.Com
PRANCIS diprediksi bisa melewati rintangan di penyisihan grup D Euro 2012.  Ini jika acuannya adalah pengalaman dan prestasi mereka sepanjang perhelatan Piala Eropa.  Dua kali Les Blues-julukan timnas Prancis menjadi jawara di ajang antarnegara Eropa tersebut, dan sekali mereka mencapai fase semifinal. 

Di grup D sendiri, lawan tradisional Prancis yang bisa menjadi pengganjal adalah Inggris dan Swedia.  Namun, sejarah kedua negara ini di pentas Piala Eropa tak terlalu istimewa.  Selain tak pernah mengangkat trofi juara, prestasi terbaik yang pernah ditorehkan Inggris dan Swedia adalah semifinal ketika pentas Piala Eropa dihelat di kandang mereka sendiri.  Swedia mencapai semifinal pada 1992, dan Inggris empat tahun kemudian.

   

Prancis sejatinya juga jago kandang. Namun, pencapaian tim Ayam Jantan-julukan lain timnas Prancis lebih fenomenal. Prancis dengan legenda hidup mereka Michel Platini berhasil menjadi jawara pada Euro 1984. 

   

Baca Juga:
Waktu itu, Platini tampil sensasional dengan sumbangan sembilan gol dalam 5 pertandingan. Termasuk satu gol saat mengalahkan Spanyol 2-0 pada grand final di Parc des Princes, Paris, 27 Juni 1984.  Hingga kini, rekor sembilan gol Platini di pentas Piala Eropa belum ada yang mampu mematahkan.

PRANCIS diprediksi bisa melewati rintangan di penyisihan grup D Euro 2012.  Ini jika acuannya adalah pengalaman dan prestasi mereka sepanjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News