Perang Vietnam 'Dihidupkan' Lagi di AS

Perang Vietnam 'Dihidupkan' Lagi di AS
SERIUS - Beberapa orang AS penyuka perang bertindak seolah-olah sedang benar-benar berada dalam Perang Vietnam, dalam foto yang diambil akhir Juli 2009 lalu ini, di Boalsburg, Pennsylvania, AS. Foto: AP Photo/Carolyn Kaster.
BOALSBURG - Sejumlah jalan setapak kotor menuju markas lapangan Alpha Company tampak ditumbuhi rumput dan sesemakan di sekitarnya. Sebuah tenda kanvas berdiri dengan perlindungan beberapa senapan mesin, karung pasir, serta kotak-kotak penyimpanan berwarna hijau tentara. Sementara, di sekitar itu telah bersembunyi pihak lawan: kaum Viet Cong.

Gambaran pemandangan di atas, seperti ditulis AP, Selasa (18/8) WIB, bukanlah berada di hutan belantara Asia Tenggara. Melainkan di salah sebuah hutan dekat Pennsylvania, AS, di mana sejumlah pendukung antusias militer memulai kegiatan mereka menghidupkan kembali Perang Vietnam, 30 tahun setelah kejatuhan Saigon.

Selama beberapa dekade, para 'pemain perang' ini sebenarnya telah ikut berperan dalam sejumlah momen penting, mulai dari Perang Revolusi AS hingga civil war. Namun bedanya, yang mereka mainkan kali ini adalah salah satu konflik paling kontroversial di mana AS terlibat - sembari memberi penghormatan kepada para veterannya.

"Kami melakukan ini untuk menghormati mereka (para veteran) dan mengatakan bahwa 'Kalian tidak dilupakan'; untuk mengatakan kepada mereka bahwa hal ini tidak selalu (dipandang) negatif," ungkap Tom Gray (47), warga Altoona, yang berperan sebagai seorang komandan peleton, dalam kegiatan di sekitar Museum Militer Pennsylvania di Boalsburg - sekitar 120 mil sebelah timur laut Pittsburgh - itu.

BOALSBURG - Sejumlah jalan setapak kotor menuju markas lapangan Alpha Company tampak ditumbuhi rumput dan sesemakan di sekitarnya. Sebuah tenda kanvas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News