Perangi Corona, IMPC Ikut Produksi Face Shield

Perangi Corona, IMPC Ikut Produksi Face Shield
Seorang pegawai toko menggunakan alat pelindung wajah untuk menghindari virus corona (Ilustrasi). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC), produsen bahan bangunan dengan bahan polycarbonate, membuat face shield secara massal.

Perusahaan yang banyak menghasilkan produk untuk atap dan bahan bangunan ini merasa terpanggil untuk turut berkontribusi dalam penanggulangan wabah corona di tanah air.

“Inisiatif ini muncul pada 24 Maret lalu, ketika kami mengetahui tenaga medis kekurangan face shield serta kualitas produk yang kebanyakan impor masih kurang bagus. Dua hari berikutnya kami sudah menyiapkan sampel dan keesokan harinya sudah mulai produksi,” ujar Phillip Tjipto, Head of Business Development IMPC, dalam keterangan resminya, Selasa (19/5).

Philip mengatakan, perakitan face shield dilakukan oleh anak usaha IMPC, yakni Kreasi Dasatama. Ia juga mengungkapkan bahwa perusahaan tidak menggelontorkan anggaran investasi yang besar.

Sebab hanya mengalihkan sebagian besar peralatan mesin dan tenaga kerja untuk proses produksi. Pada awal hari pertama produksi, IMPC bisa menghasilkan 800 face shield per hari.

“Dalam kurun waktu satu bulan, kapasitas produksi kami sudah bisa di atas 6.000 face shield per hari. Total keseluruhan produksi sudah sekitar 100 ribu item baik yang dijual dan didonasikan,” kata Phillip.

IMPC telah mengembangkan beberapa jenis varian face shield dari bahan plastik polycarbonate premium maupun bahan PP yang ekonomis.

“Untuk pengembangan produk ini kami melakukan studi dengan produk luar negeri yang menggunakan polikarbonat seperti di Eropa dan Amerika. Di sisi lain, pada aspek desain, kami selalu mendengarkan setiap feedback, mulai dari Kemenkes, BNPB, Rumah Sakit (serta fasilitas kesehatan lainnya) untuk menciptakan produk yang lebih baik,” jelas Phillip.

IMPC berkontribusi dalam penanggulangan wabah corona dengan memproduksi face shield secara masaal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News