Perayaan Imlek Nasional, Jokowi Singgung Ahok Hingga Susi Susanti

Perayaan Imlek Nasional, Jokowi Singgung Ahok Hingga Susi Susanti
Presiden Jokowi berpidato dalam Perayaan Imlek Nasional 2020 di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (30/1). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Presiden Joko Widodo menghadiri acara perayaan Imlek Nasional di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (30/1). Dalam kesempatan ini, pria yang akrab disapa Jokowi itu memuji warga keturunan Tionghoa yang turut mengharumkan nama bangsa dan juga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang tak hadir dalam acara.

Presiden Jokowi membuka acara itu dengan menyapa marga-marga Tionghoa, yaitu tan, oi, gan, pang dan lim. "Dan marga-marga lainnya yang tidak bisa kami sebut satu per satu. Saya tahu marga di keturunan Tionghoa ini banyak sekali," kata Jokowi dalam sambutannya.

Presiden Jokowi juga memuji opera yang menampilkan keberagaman dan kebinekaan Indonesia. Namun yang lebih menarik Jokowi adalah penampakan putri Ahok, Nathania yang tampil dalam opera itu.

"Nia ini putrinya Pak Ahok dan Bu Vero. Mana, Nia? Oh, ya. Teman baik saya Pak Ahok. Tetapi saya tanya tadi enggak datang. Setelah jadi komisaris utama Pertamina, kok, tidak datang," kata Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini juga memuji deretan atlet Indonesia keturunan Tionghoa yang mengharumkan nama bangsa. Sebut saja Susi Susanti, Jonatan 'Jojo' Christie, dan Lindswell Kwok.

Susi merupakan peraih medali emas pada Olimpiade 1992 di Barcelona untuk cabang olahraga bulutangkis. Jojo, yang merupakan junior Susi, meraih medali emas di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Begitu pun Lindswell di cabang olahraga wushu.

Presiden Jokowi lantas menanyakan bagaimana Susi bisa meraih juara itu. Susi mengatakan banyak kerja keras dan perjuangan dalam meraihnya.

"Saya berlatih mungkin bukan satu atau dua jam. Tetapi bisa sampai delapan sampai sembilan jam sehari," kata Susi.

Jokowi menghadiri acara perayaan Imlek Nasional di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Kamis (30/1). Dalam kesempatan ini, pria yang akrab disapa Jokowi itu memuji warga keturunan Tionghoa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News