Percepat Ekspansi di Indonesia, AirAsia Akuisisi Batavia

Percepat Ekspansi di Indonesia, AirAsia Akuisisi Batavia
Percepat Ekspansi di Indonesia, AirAsia Akuisisi Batavia
JAKARTA - AirAsia Berhad (AAB) melalui anak perusahaannya AirAsia Investment Ltd melakukan perjanjian jual beli bersyarat bersama mitranya PT Fersindo Nusaperkasa untuk mengakuisisi PT. Metro Batavia, Kamis (26/7). PT. Metro Batavia merupakan perusahaan yang mengoperasikan Batavia Air, serta sebuah pusat pelatihan aviasi bernama Aero Flyer Institute (AFI).

Kesepakatan ketiga belah pihak ditandatangani Kamis (26/7), di Jakarta. Indonesia merupakan pasar penerbangan menarik bagi AirAsia. Karenanya, akuisisi ini menegaskan optimisme terhadap potensi pertumbuhan sektor penerbangan di Indonesia. "Akuisisi Batavia Air merupakan kesempatan fantastis bagi AirAsia untuk memercepat rencana ekspansi maskapai di Indonesia," kata Group CEO AirAsia Berhad, Tony Fernandes.

Merujuk pada peraturan kepemilikan maskapai penerbangan sipil di Indonesia, AAB akan memiliki saham di Metro Batavia Group sebesar 49 persen. Sedangkan Fersindo sebagai pemegang saham mayoritas menguasai 51 persen. Nilai pertimbangan pembelian adalah USD 70 juta dan akan ditransaksikan dalam bentuk tunai.

Akusisi 100 persen Metro Batavia oleh AAB akan dilakukan dalam dua tahap. Yakni melalui akuisisi saham mayoritas 76,95 persen yang dilanjutkan dengan akuisisi sisa saham sebesar 23,05 persen yang dimiliki pemegang saham saat ini. Sementara nilai pertimbangan pembelian 100 persen dari AFI adalah USD 1 juta.

JAKARTA - AirAsia Berhad (AAB) melalui anak perusahaannya AirAsia Investment Ltd melakukan perjanjian jual beli bersyarat bersama mitranya PT Fersindo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News