Perdamaian Tergantung Hasil Pemilihan

Perdamaian Tergantung Hasil Pemilihan
Perdamaian Tergantung Hasil Pemilihan
KAIRO - Delegasi Hamas kembali tiba di Kairo kemarin (10/2) untuk melanjutkan pembicaraan gencatan senjata dengan pemerintah Mesir sebagai mediator. Namun, menurut petinggi Hamas, kesepakatan gencatan senjata baru akan diputuskan setelah mengetahui hasil pemilu Israel yang juga digelar kemarin pagi.

"Kami mengikuti pemilu Israel. Pemilu hari ini (kemarin) akan menentukan apa yang akan terjadi,'' kata pejabat senior Hamas Osama Hamdan kepada Agence France Presse.

Meski sebelumnya acuh tak acuh terhadap pemilu Israel dan mengaku tak peduli siapapun pemenang pemilu, kini Hamas harus realistis. Pemenang pemilu Israel sangat berpengaruh terhadap upaya perdamaian yang digelar sejak gencatan senjata diumumkan 18 Januari lalu setelah invasi 22 hari militer Israel di Jalur Gaza dan menewaskan lebih dari 1.300 jiwa.

"Jika Benjamin Netanyahu (pimpinan partai sayap kanan Likud) menang, saya kira kesepakatan damai tak akan tercapai. Jika pemerintah sekarang menang (partai Kadima pimpinan Tzipi Livni), kesepakatan mungkin akan tercapai,'' lanjut Hamdan.

KAIRO - Delegasi Hamas kembali tiba di Kairo kemarin (10/2) untuk melanjutkan pembicaraan gencatan senjata dengan pemerintah Mesir sebagai mediator.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News