Perempuan Boleh Mengemudi, Begini Komentar Sinis Para Lelaki

Perempuan Boleh Mengemudi, Begini Komentar Sinis Para Lelaki
Perempuan Arab Saudi belajar mengemudi. Foto: Ford/BBC

jpnn.com - Banyak laki-laki Arab Saudi yang tak setuju dengan pencabutan larangan mengemudi. September tahun lalu, ketika pemerintah mengumumkan larangan mengemudi bakal dicabut, banyak pria yang bereaksi.

Pebisnis asal Jeddah Abu Mohammed punya pandangan sinis mengenai pengemudi perempuan. Dia sendiri mengaku, hanya akan mengizinkan istri ataupun anak perempuannya mengemudi untuk situasi darurat.

Dia memprediksi bakal terjadi kekacauan besar-besaran di jalanan Saudi saat perempuan diizinkan memegang kemudi. Kecelakaan akan meningkat tajam. Dia bahkan berencana ’’mengungsi” ke luar negeri untuk sementara waktu.

’’Alih-alih menginjak rem, mereka malah akan menginjak gas. Kecelakaan tak terhindarkan. Mereka yang biasanya di dapur beralih ke jalanan untuk kali pertama,’’ katanya.

Abu Mohammed tak sendiri. Banyak lelaki yang berpandangan sama dengan dirinya. Bahkan ada yang sampai bertindak ekstrem karena tidak suka perempuan mengemudi.

Salah satunya ditangkap karena mengunggah video yang di dalamnya berisi ancaman bakal membakar pengemudi perempuan beserta mobil yang dikendarainya. Tagar yang artinya #kamutidakakanmengemudi bertebaran di Twitter.

Kelompok perempuan membalas dengan pernyataan bahwa mereka akan mengemudi dengan mengunggah foto mereka. Disertai buku panduan di sekolah mengemudi.

’’Saya ingin mandiri, saya ingin mengemudi. Saya tidak mau hidup di bawah belas kasihan pria,’’ tegas Ghadir al-Mezeni yang suaminya sempat menentang ide perempuan mengemudi sendiri. (sha/c17/ttg)


Banyak laki-laki Arab Saudi yang tak setuju dengan pencabutan larangan mengemudi. Ada yang berpandangan sinis, ada juga yang sampai menebar ancaman pembunuhan


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News