Perempuan Mungil ini Ternyata Sosok Berpengaruh Bagi Kim Jong-un

Perempuan Mungil ini Ternyata Sosok Berpengaruh Bagi Kim Jong-un
Kim Yo-jong (dalam lingkaran) di suatu acara bersama sang kakak. FOTO : nknews

jpnn.com - Kongres Nasional Partai Pekerja di Kota Pyongyang, Korea Utara memunculkan tokoh baru yang segar. Dia adalah Kim Yo-jong. Perempuan berpostur mungil yang fotonya banyak menghiasi layar elektronik di lokasi kongres itu adik Jong-un. Ya, pemimpin 33 tahun itu ternyata bukan anak bungsu Kim Jong-il. Dia masih punya seorang adik yang usianya terpaut sekitar empat tahun. 

Pernah menduduki jabatan penting di dalam partai di awal kemunculan Jong-un sebagai pemimpin, Yo-jong yang juga mengenyam pendidikan di Eropa adalah orang penting di balik citra sang kakak. Sebab, dia yang bertanggung jawab atas citra baik Jong-un. Bahkan, dia juga sempat menjadi penasihat politiknya. Tetapi, hubungan mereka sempat renggang saat Jong-un memecat dia dari partai. 

Kini Jong-un kembali menghadirkan sang adik. Kongres menjadi tempat paling tepat baginya untuk memperkenalkan Yo-jong sebagai orang penting dalam pemerintahannya. Konon, Yo-jong akan diberi tempat dalam kabinet Korut sebagai menteri. Namun, informasi tersebut belum bisa dibuktikan. (AFP/Reuters/BBC/hep/c4/any/pda) 


Kongres Nasional Partai Pekerja di Kota Pyongyang, Korea Utara memunculkan tokoh baru yang segar. Dia adalah Kim Yo-jong. Perempuan berpostur mungil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News