Perguruan Tinggi Beramai-ramai Buka Fakultas Kedokteran, Begini Respons Fadel Muhammad

Perguruan Tinggi Beramai-ramai Buka Fakultas Kedokteran, Begini Respons Fadel Muhammad
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Malang, pada Sabtu (12/8) malam. Dia menyoroti perguruan tinggi beramai-ramai membuka fakultas kedokteran. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad merespons soal sejumlah perguruan tinggi beramai-ramai membuka fakultas kedokteran.

Dia mengapresiasi dan menyambut baik langlah sejumlah perguruan tinggi tersebut.

Menurut Fadel, apresiasi itu diberikan lantaran kebutuhan terhadap tenaga medis, khususnya dokter dan layanan rumah sakit memang masih sangat besar, terutama di Indonesia bagian Timur.

"Di sana, ketersediaan dokter, dan rumah sakit masih belum sebanding dengan kebutuhan yang sangat besar dari masyarakat," ungkap Fadel di sela kunjungannya ke Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (12/8) malam.

Bahkan rasio, kata Fadel, antara jumlah dokter dengan penduduk di Indonesia, termasuk yang terendah di tingkat ASEAN.

Karena itu, ketersediaan tenaga medis khususnya dokter dan rumah sakit harus menjadi perhatian semua pihak, termasuk perguruan tinggi.

Apalagi, perguruan tinggi adalah satu-satunya tempat yang berhak dan bisa melahirkan para dokter.

Bukan hanya perguruan tinggi di Pulau Jawa, tetapi juga perguruan tinggi di Indonesia timur, sesuai daerahnya yang memang membutuhkan banyak tenaga dokter.

Begini respons Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad soal sejumlah perguruan tinggi di Indonesia beramai-ramai membuka fakultas kedokteran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News