Sabtu, 15 Desember 2018 – 07:02 WIB

Perhatikan Fakta Jika Pakai Sepatu Di dalam Rumah

Senin, 11 Juni 2018 – 10:00 WIB
Perhatikan Fakta Jika Pakai Sepatu Di dalam Rumah - JPNN.COM

jpnn.com - Menggunakan sepatu saat berada di dalam rumah masih menjadi kebiasaan sebagian masyarakat, alasannya takut kuman.

Meskipun benar bahwa kuman ada di mana-mana, namun sepatu Anda bisa sangat tidak higienis.

"Kuman ada di seluruh kita," kata asisten profesor di Universitas Alabama di divisi penyakit menular Birmingham, Rachael Lee, M.D., seperti dilansir laman MSN, Kamis (7/6).

"Mereka hidup dalam segala hal. Hanya berada di sekitar kuman tidak cukup membuat Anda sakit. Jika benar, maka semua orang akan sakit sepanjang waktu," tegas Dr. Lee.

Dengan begitu, hal-hal menjadi sedikit lebih kasar ketika berpikir tentang apa yang mungkin disentuh sepatu Anda sepanjang hari.

Jika Anda tinggal di sebuah kota, trotoar sangat mungkin bisa tertutup dalam segala hal, mulai dari ludah hingga kotoran burung.

"Hanya karena terlihat bersih secara fisik bukan berarti itu steril," kata Meghan A. May, Ph.D., profesor mikrobiologi dan penyakit menular di University of New England College of Medicine.

Jadi, berbagai mikroba memang bisa menumpang pulang dengan sepatu Anda. May menunjuk ke sebuah studi kecil pada tahun 2015 di Microbiome yang meneliti lingkungan mikroba pada sepatu orang-orang setelah mereka berjalan di berbagai lokasi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar