Sabtu, 21 Oktober 2017 – 13:52 WIB

Perindo Ingatkan Pansus RUU Pemilu Cekatan

Sabtu, 20 Mei 2017 – 15:57 WIB
Perindo Ingatkan Pansus RUU Pemilu Cekatan - JPNN.COM

Logo Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq meminta fraksi-fraksi DPR yang sedang membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu tidak bertele-tele dalam mengambil keputusan.

Menurutnya, persoalan ambang batas untuk mengusung calon presiden (presidential threshold) sebenarnya sudah tinggal diputuskan. Namun, justru ada saling tawar di antara fraksi-fraksi di DPR.

“Proses transaksi atau proses negosiasi tidak perlu diperpanjang. Pikirkanlah bahwa ini kepentingan dan masa depan demokrasi indonesia jadi lebih baik," ujar Rofiq dalam diskusi bertajuk RUU Pemilu dan Pertaruhan Demokrasi di Cikini, Jakarta Pusat pada Sabtu (20/5).

Rofiq menambahkan, partainya menginginkan perdebatan soal presidential threshold diakhiri. Perindo, katanya, justru menginginkan presidential threshold dihapus atau nol persen.

Jika dalam UU Pemilu baru nanti ada angka presidential threshold, maka partai pimpinan Hary Tanoesoedibjo itu akan menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). "Kalau tidak bisa memutuskan dengan akal sehat ya kita akan ketemu di MK, itu yang penting menjadi catatan," tegasnya.

Karenanya Rofiq juga meminta Panitia Khusus (Pansus) RUU Pemilu supaya bekerja cepat. Jika persoalan dalam RUU Pemilu tak kunjung selesai dinegosiasikan, katanya, maka sebaiknya segera divoting.

"Kalau tidak bisa dinegosiasikan maka segeralah melakukan voting karena proses itu juga dihalalkan oleh undang-undang. Dan biarlah masyarakat itu bisa memberikan penilaian," pungkas Rofiq.(fat/jpnn)

SHARES
loading...
loading...
Komentar