Peringatan BMKG untuk Masyarakat di Wilayah Ini, Ada Potensi Gelombang Tinggi

Peringatan BMKG untuk Masyarakat di Wilayah Ini, Ada Potensi Gelombang Tinggi
BMKG mengingatkan masyarakat waspada terhadap gelombang tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia. Ilustrasi gelombang/tsunami: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di pesisir waspada terhadap gelombang tinggi hingga empat meter di beberapa wilayah di Indonesia pada 3-4 September 2023.

"Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo di Jakarta, Minggu (3/9).

Dia menjelaskan pola angin menjadi salah satu yang menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang tinggi.

Menurut Eko pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Sementara itu, di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Jawa Barat, Laut Natuna, Selat Makassar bagian selatan, Laut Seram, Laut Arafuru, dan Teluk Yos Sudarso," paparnya.

Kondisi itu, lanjutnya, menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di Selat Malaka, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu-Pulau Enggano-barat Lampung, perairan selatan Jawa Barat-Jawa Timur, perairan selatan Bali-Sumbawa, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, perairan selatan P. Sumba, perairan P. Sawu-Kupang-P. Rotte, Laut Sawu bagian selatan, dan Selat Sape bagian selatan.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Samudra Hindia Selatan Jawa Timur-NTT, Laut Natuna Utara, Laut Natuna, Laut Jawa, Selat Karimata, perairan utara Jawa Timur, perairan selatan Kalimantan, perairan Kotabaru, dan Selat Makassar bagian selatan.

BMKG mengingatkan masyarakat waspada terhadap gelombang tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News