Peringatan BMKG untuk Warga Aceh, Waspada Gelombang Tinggi!

Peringatan BMKG untuk Warga Aceh, Waspada Gelombang Tinggi!
Ilustrasi- BMKG mengingatkan warga di pesisir terhadap potensi gelombang tinggi. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

jpnn.com, BANDA ACEH - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  meminta pengelola pelabuhan penyeberangan dan masyarakat umum mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi mencapai 4 meter di perairan wilayah Aceh.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad mengatakan bahwa peringatan tersebut dikeluarkan untuk perkiraan tinggi gelombang laut selama tiga hari ke depan.

"Waspadai potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Utara Sabang, perairan Barat Aceh, perairan Meulaboh – Kepulauan Sinabang dan Samudera Hindia Barat Aceh yang dapat mencapai 4 meter atau lebih," kata Zakaria.

Selanjutnya, BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai potensi gelombang laut dengan ketinggian mulai 1,25 hingga 2,5 meter di Selat Malaka bagian Utara, perairan penyeberangan Banda Aceh - Sabang dan perairan Lhokseumawe.

Sementara untuk penyeberangan kapal menuju Kabupaten Simeulue dari Kabupaten Aceh Barat atau Kepulauan Sinabang - Meulaboh, potensi tinggi gelombang laut mencapai 4 meter.

Untuk klasifikasi tinggi gelombang laut 1,25 hingga 2,5 meter masih kategori sedang, sedangkan ketinggian mulai 2,5 hingga 4 meter sudah kategori tinggi.

Sebab itu Zakaria mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan ketika melaut dalam kondisi cuaca tersebut.

“Kami mengimbau nelayan perlu mewaspadai tinggi gelombang saat melaut, lebih berhati-hati. Kemudian juga kita imbau kepada aktivitas penyeberangan Banda aceh - Sabang dan Aceh Barat - Simeulue," katanya.

Peringatan dari BMKG tersebut dikeluarkan untuk perkiraan gelombang tinggi laut selama tiga hari ke depan di Aceh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News