Peringatan dari BMKG untuk Warga Jawa Timur, Waspada

Peringatan dari BMKG untuk Warga Jawa Timur, Waspada
Banjir rob yang terjadi di Jalan Kalimas Baru, Surabaya, Kamis (27/5). Foto: BMKG Kelas II Maritim Tanjung Perak Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas II Maritim Tanjung Perak, Surabaya, mengeluarkan peringatan gelombang tinggi yang diperkirakan akan melanda perairan Jawa Timur, pada 27-29 Mei 2021.

Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Ratih Cintya Dewi menyebut pola angin di wilayah Indonesia bagian utara yang bergerak dari selatan menuju barat kecepatan anginnya sekitar 5-25 knot.

Untuk bagian selatan yang bergerak dari arah timur ke tenggara kecepatannya juga sama.

"Terpantau di perairan Pulau Simeulue hingga Nias, Kepulauan Babar sampai Aru, Laut Banda, dan Arafuru," jelas Ratih, Kamis (27/5).

Masyarakat yang berada di area pesisir diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Para nelayan juga disarankan memerhatikan resiko sebelum berlayar. 

"Apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dengan gelombang setinggi 1,25 meter nelayan harus hati-hati. Kalau setingkat di atasnya 16 knot dengan tinggi gelombang 1,5 meter kapal tongkang juga waspada," tutur dia.

Ratih lebih lanjut mengatakan bagi kapal fiber untuk menghindari kecepatan angin lebih dari 21 knot dengan tinggi gelombang di atas dua meter.

"Kapal feri bisa menghindari angin 27 knot dan gelombang setinggi empat meter," katanya.

BMKG mengeluarkan peringatan untuk warga di pesisir Jawa Timur pada 27-29 Mei 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News