Peringatan Hari K3 Dunia, Ini Agenda Besar ILO dan Kemnaker

Peringatan Hari K3 Dunia, Ini Agenda Besar ILO dan Kemnaker
ILO menyebut tema Hari K3 Sedunia 2022 terfokus pada upaya membangun budaya K3 yang positif, inklusif, dan keberlanjutan dengan pelibatan semua pihak terkait. Foto: dok peringantan K3 sedunia ILO

jpnn.com, JAKARTA - ILO bersama Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memperingati Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sedunia 2022 pada, Senin 28 April.

Direktur ILO untuk Indonesia dan Timor-Leste Michiko Miyamoto menyatakan pada peringatan tahun ini dunia internasional memberikan perhatian pada kebutuhan untuk mencegah kematian, cedera dan penyakit akibat kerja serta upaya mempromosikan budaya keselamatan dan kesehatan.

Pasalnya, data BPJS Ketenagakerjaan menyebutkan sepanjang Januari hingga September 2021 terdapat 82 ribu kasus kecelekaan kerja dan 179 kasus penyakit akibat kerja yang 65 persennya karena Covid-19.

Oleh karena itu, Michiko menyebut tema Hari K3 Sedunia 2022 terfokus pada upaya membangun budaya K3 yang positif, inklusif, dan keberlanjutan dengan pelibatan semua pihak terkait.

ILO berharap semua pihak, baik pengusaha maupun pekerja menjadikan K3 sebagai bagian penting dari kehidupan pekerjaan dan keseharian.

“Sepanjang pandemi Covid-19 ini, kita telah melihat bahwa sistem K3 yang baik dan terintegrasi, dengan melibatkan pemerintah, pengusaha, pekerja, pelaku kesehatan masyarakat, komunitas dan semua pihak terkait di tingkat nasional dan perusahaan, mampu melindungi lingkungan kerja dan memastikan ketahanan usaha,” kata Michiko, dalam keterangan di Jakarta, Senin (28/3).

ILO sepanjang 2021 hingga 2022, telah memprakarsai pendekatan yang mendorong berbagai pihak, termasuk media massa dan masyarakat umum untuk menjadi lebih sadar budaya pencegahan K3.

Menurut Michiko, upaya itu dilakukan melalui berbagai kegiatan peningkatan kesadaran dan pemahaman untuk membangun rasa kepemilikan dan komitmen bersama.

ILO menyebut tema Hari K3 Sedunia 2022 terfokus pada upaya membangun budaya K3 yang positif, inklusif, dan keberlanjutan dengan pelibatan semua pihak terkait.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News