Peringatan Keras dari Presiden Jokowi, Jangan Ada yang Coba-coba

Peringatan Keras dari Presiden Jokowi, Jangan Ada yang Coba-coba
Presiden Joko Widodo saat pidato dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD. Foto: Instagram Jokowi

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memastikan dirinya tidak akan menoleransi pihak-pihak yang mencoba merusak nilai-nilai Pancasila.

Presiden Jokowi mengatakan, Pancasila merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

"Nilai-nilai luhur Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, persatuan dan kesatuan nasional, tidak bisa dipertukarkan dengan apa pun juga. Kita tidak bisa memberikan ruang sedikit pun kepada siapa pun yang menggoyahkannya," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020 dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Jumat (14/8).

Selain itu, Jokowi juga mengupayakan sistem pendidikan nasional harus mengedepankan nilai-nilai ketuhanan, yang berkarakter kuat dan berakhlakmulia, serta unggul dalam inovasi dan teknologi.

"Saya ingin semua platform teknologi harus mendukung transformasi kemajuan bangsa. Peran media-digital yang saat ini sangat besar harus diarahkan untuk membangun nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan," kata Jokowi.

Jokowi juga mengkritisi perilaku media yang tidak bisa dikendalikan. Terutama seperti mencoba mendulang click dan menumpuk jumlah like.

Seharusnya, menurut Jokowi, media mendorong untuk menumpuk kontribusi bagi kemanusiaan dan kepentingan bangsa.

*Ideologi dan nilai-nilai luhur bangsa tidak boleh dipertukarkan dengan kemajuan ekonomi. Bahkan, kemajuan ekonomi jelas membutuhkan semangat kebangsaan yang kuat. Kita harus bangga terhadap produk Indonesia. Kita harus membeli produk dalam negeri. Kemajuan Indonesia harus berakar kuat pada ideologi Pancasila dan budaya bangsa," tandas Jokowi. (tan/jpnn)

Presiden Jokowi menegaskan dirinya tidak akan menoleransi pihak-pihak yang mencoba merusak nilai-nilai Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News