Peringatan untuk Emak-Emak, Pakailah Wajan Antilengket Tanpa Bahan Kimia Berbahaya

Peringatan untuk Emak-Emak, Pakailah Wajan Antilengket Tanpa Bahan Kimia Berbahaya
Ilustrasi wajan antilengket dan ramah lingkungan. Foto: dok Nan Ji Ren

jpnn.com - Saat ini sudah makin banyak orang yang peduli akan pentingnya mengonsumsi makanan yang aman dan sehat. Bahan makanan dan cara pengolahan mulai dipertimbangkan demi menyajikan makanan yang sehat.

Namun, banyak orang lupa bahwa alat masak yang dipakai untuk mengolah juga sama pentingnya dengan bahan makanan dan cara pengolahan tersebut.

Orang yang menggunakan bahan makanan dan cara pengolahan paling sehat sekalipun masih bisa mengalami risiko kesehatan jika alat masak yang digunakan mengandung zat berbahaya.

Salah satu alat masak yang mengandung zat berbahaya pada permukaannya ialah wajan atau frying pan antilengket.

Wajan sering digunakan banyak orang karena harganya yang murah serta makanan yang dimasak tidak akan menempel pada wajan sehingga mudah dicuci dan dibersihkan.

Namun, wajan umumnya memiliki PFAS atau asam perfluorooktanoik, bahan kimia sintetis yang bisa berbahaya bagi tubuh. Untuk alternatif yang lebih aman, ada berbagai pilihan wajan antilengket yang lebih ramah lingkungan serta memiliki harga yang cukup terjangkau. Salah satunya ialah wajan yang terbuat dari batu maifan.

Batu maifan sendiri merupakan batuan mineral khusus yang telah berabad-abad digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

Batu maifan memiliki kemampuan penyerapan yang kuat untuk ion logam berat dan racun di dalam air, serta mengurangi konsentrasi dan menghambat kecepatan reproduksi bakteri.

Wajan umumnya memiliki PFAS atau asam perfluorooktanoik, bahan kimia sintetis yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News