Peringati May Day, Buruh Kuasai Ibukota

SBY: Bagilah Keuntungan Kepada Karyawan

Peringati May Day, Buruh Kuasai Ibukota
Peringati May Day, Buruh Kuasai Ibukota
JAKARTA -- Peringatan Hari Buruh atau dikenal dengan May Day di Ibukota Jakarta berlangsung dengan meriah. Ribuan massa buruh merayakan hari buruh dengan berdemonstrasi di sejumlah titik-titik vital pemerintah di Ibukota. Namun, yang menjadi perhatian pihak keamanan adalah di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan di depan Istana Negara.

Dalam aksi peringatan May Day kemarin para buruh dan berbagai ormas serta LSM menuntut reformasi sistem jaminan sosial dan perubahan sistem outsourcing. Dalam orasinya mereka meminta pemerintah merealisasikan berbagai regulasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Undang-undang nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

"Selama ini hak-hak kami sering terabaikan, karena itu kami menuntut agar pemerintah memberikan jaminan kesehatan seumur hidup kepada buruh," teriak Syarif, wakil buruh yang berorasi di depan Istana Negara. "Kami menuntut pembentukan wali amanat untuk mengubah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial," sambungnya.

Sejak pagi para aktivis buruh telah mengalir mengalir ke kawasan Bundaran Hotel Indonesia, sebelum secara bergelombang berarak menuju Istana Merdeka. Banyak dari mereka datang dari berbagai sentra industri di sekitar Jakarta, seperti Tangerang dan Bekasi. Sejumlah ruas jalan arteri di ibukota seperti jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin sempat ditutup. Kemacetan pun tak terhindarkan. Ratusan polisi di siagakan di beberapa titik diantara Bundaran HI hingga Istana Merdeka. Di depan Istana sendiri, kawat berduri digelar dan barisan polisi disiagakan untuk mencegah massa mendekat ke kompleks Istana.

JAKARTA -- Peringatan Hari Buruh atau dikenal dengan May Day di Ibukota Jakarta berlangsung dengan meriah. Ribuan massa buruh merayakan hari buruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News