Peritel Buah Impor Siap Naikkan Harga

Peritel Buah Impor Siap Naikkan Harga
Peritel Buah Impor Siap Naikkan Harga
SURABAYA - Peritel buah impor yang menyasar segmen menengah ke atas bakal menaikkan harga komoditasnya. Hal ini disebabkan kebijakan Pemerintah untuk memindah pintu impor buah dari Jakarta ke Jawa Timur. Ekses dari kebijakan tersebut diantaranya adalah ekonomi biaya tinggi, khususnya ongkos untuk distribusi.

CEO dan Presiden Direktur PT Supra Boga Lestari, pemegang franchise Ranch Market Nugroho Setiadarma mengatakan, mayoritas konsumsi buah Ranch Market ada di Jakarta. Karena itu, sejatinya pihaknya keberatan jika pintu impor dipindah ke Jatim.  "Kenapa kok tidak di Jakarta saja. Ongkos distribusinya mahal. Apalagi kalau tidak ditunjang fasilitas cold storage dan infrastruktur yang baik," tuturnya, (25/3).

Dia menerangkan, kenaikan harga komoditas buah impor memang tergantung dari kalkulasi yang dilakukan oleh importir. "Tapi kalau keadaannya seperti itu, harga pasti naik," jelasnya.

Oleh sebab itu, kata dia, tepat jika menjadikan momentum ini sebagai penggenjot produksi buah-buahan lokal. Apalagi, sebenarnya konsumsi buah lokal lebih besar dibanding impor. Komposisi penjualan buah lokal mencapai 70 persen dibandingkan buah impor. Sayangnya, ungkap Nugroho, konsistensi suplai dan kualitas buah lokal seringkali disoal.

SURABAYA - Peritel buah impor yang menyasar segmen menengah ke atas bakal menaikkan harga komoditasnya. Hal ini disebabkan kebijakan Pemerintah untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News