Perjuangan Untuk Provinsi Papua Selatan

Perjuangan Untuk Provinsi Papua Selatan
Perjuangan Untuk Provinsi Papua Selatan
JAKARTA – Upaya  menjadikan Papua Selatan sebagai provinsi terus disuarakan. Koordinator Ikatan Kekerabatan Masyarakat Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze, menegaskan, Papua Selatan meliputi wilayah lima kabupaten yaitu Merauke, Muyu  dengan ibu kota Mudiptana, Boven dengan ibu kota Digul, Mappi dengan ibu kota Kepi, dan Asmat dengan ibu kota Agats.

John yang juga pengusul Papua Selatan, menambahkan, secara sosial ekonomi, politik, pendidikan,  ketahanan pangan, perdagangan, pertahanan keamanan, transportasi, dan administrasi kewilayahan sudah memenuhi syarat untuk menjadi provinsi.

“Apalagi, dalam sejarah NKRI, sebelum integrasi dengan Indonesia, Digul ini sudah menjadi tempatnya para tokoh dan proklamator bangsa, yang dibuang oleh Belanda,” kata John, bersama Wakil Ketua Komisi II DPR, Ganjar Pranowo, Rabu (27/9), di Jakarta.

Dijelaskan John, pemekaran ini adalah sebagai langkah untuk kemajuan dan perubahan pembangunan Papua yang lebih baik. Menurutnya, usul provinsi ini sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat yang tercantum secara khusus dalam design besar penataan daerah yang harus dibentuk dalam selang periode 2010-2015.

JAKARTA – Upaya  menjadikan Papua Selatan sebagai provinsi terus disuarakan. Koordinator Ikatan Kekerabatan Masyarakat Papua Selatan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News