Perkembangan Terbaru Pascabentrokan TNI-Polri di Papua

Perkembangan Terbaru Pascabentrokan TNI-Polri di Papua
Danrem 172 Kol Inf J Binsar Parluhutan Sianipar. Foto: Antara

jpnn.com, KASONAWEJA - Pascabentrokan personel TNI-Polri di Kasonaweja, Papua, Danrem 172/Praja Wira Yakthi (PWY) Kol Inf J Binsar Parluhutan Sianipar, mengatakan langsung memindahkan 28 anggota Yonif 755/Yalet ke Jayapura, dan menerjunkan personel baru.

28 anggota Yonif 755/Yalet memang sebelumnya merupakan satuan tugas pengamanan daerah rawan Kasonaweja.

Kini, kata Danrem 172, sudah menempatkan personel baru dari Kodim 1712 Sarmi sebagai pengganti satgas pamrahwan yang bertugas di Kasonaweja.

"Selain itu, anggota koramil juga akan diperkuat dari Kodim Sarmi," kata Kol Binsar Sianipar menambahkan.

28 anggota Yonif 755 pun mulai diperiksa POM Kodam XVII/Cenderawasih terkait bentrokan TNI-Polri di Kasonaweja.

"Memang benar seluruh anggota Yonif 755/Yalet yang tergabung dalam satuan tugas pengamanan daerah rawan diperiksa," kata Kol Binsar Parluhutan, di Jayapura, Rabu.

Ia mengatakan pemeriksaan awal sudah dilakukan di Kasonaweja, sesaat setelah bentrok aparat keamanan terjadi yang diduga akibat kesalahpahaman.

Kini personel TNI itu sudah berada di Jayapura, setelah sebelumnya diberangkatkan dari Kasonaweja dengan menggunakan kapal ke Sarmi dan dilanjutkan melalui darat ke Jayapura.

Pascabentrokan personel TNI-Polri di Kasonaweja, Papua, Danrem 172 Kol Inf J Binsar P Sianipar, mengatakan langsung memindahkan 28 anggota Yonif 755/Yalet ke Jayapura, digantikan personel baru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News