Perkuat Jaringan Internasional, BTN Didukung WSBI

Perkuat Jaringan Internasional, BTN Didukung WSBI
Perkuat Jaringan Internasional, BTN Didukung WSBI
JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) memperkuat jaringan internasionalnya lewat World Saving Banks Instutite (WSBI). Kerjasama itu berupa perusahaan mendapatkan dukungan dari Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan tersebut menyokong 10 bank didunia termasuk BTN dengan total dana USD 20 juta.  

Menurut President of World Saving Banks Institute (WSBI), Jose A. Olavarrieta Arcos masyarakat harus mendapatkan kemudahan dalam memperoleh akses ke perbankan. Setidaknya, masyarakat bisa mempunyai relasi dengan bank. Bukan hanya untuk menarik dana masyarakat sebagai konsumen, tetapi juga meningkatkan perannya sebagai lembaga intermediasi.

"Perbankan ritel tidak boleh menjadi sumber pembiayaan yang inklusif, dengan begitu masyarakat punya akses yang sama ke perbankan," kata Jose di Jakarta, Kamis (16/6). Dia mengaku bank harus menjadi sumber keuangan yang dibutuhkan masyarakat. Saat ini, lanjutnya, bukan masyarakat yang membutuhkan bank, tetapi bank juga harus berburu dana ke masyarakat. “Bank harus menjadi super market kredit,” terangnya.

Lebih jauh dijelaskan, ada tiga hal yang harus dilakukan bank ritel. Yang pertama, kata Jose, bank harus dekat ke masyarakat. Kedua bank harus merendahkan suku bunga dan yang ketiga bank harus optimal dalam pemberian kredit ke masyarakat.

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) memperkuat jaringan internasionalnya lewat World Saving Banks Instutite (WSBI). Kerjasama itu berupa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News