Perkuat Peran RI-Arab Saudi di Kawasan Dunia Islam

Perkuat Peran RI-Arab Saudi di Kawasan Dunia Islam
Raja Salman. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com - Kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulziz al-Saud, bersama rombongannya berjumlah sekitar 1500 orang ke Indonesia, Rabu 1 Maret 2017 sangat positif dan perlu dioptimalkan untuk menguatkan hubungan bilateral kedua negara.

Menurut Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sukamta, ada dua agenda besar yang dapat dibicarakan antara Indonesia dan Arab Saudi.

Pertama, tentu saja dengan kunjungan Raja Salman ini harus mampu mendorong hubungan yang lebih erat antara Indonesia dengan Arab Saudi.

Peningkatan hubungan bilateral ini diharapkan memiliki dampak peningkatan volume perdagangan dan investasi.

"Saya mendengar Arab Saudi siap investasi senilai Rp 300 triliun. Ini jelas sangat baik bagi Indonesia," katanya,
Minggu (26/2).

Dia mengatakan, penguatan hubungan bilateral ini juga bisa dimanfaatkan pemerintah untuk mengusulkan solusi perlindungan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi.

"Selain itu yang tentu diharapkan oleh umat Islam di Indonesia adalah adanya tambahan kuota haji,” kata Sukamta.

Dia berharap, pembicaraan pemerintah Indonesia dan Arab Saudi bisa mendorong adanya kesepakatan atau memorandum of understanding atas tiga hal tersebut. "Ini akan sangat bermakna bagi Indonesia,” jelasnya.

Kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulziz al-Saud, bersama rombongannya berjumlah sekitar 1500 orang ke Indonesia, Rabu 1 Maret 2017 sangat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News