JPNN.com

Perlu Evaluasi Segera Pola Pengendalian Covid-19

Senin, 06 Juli 2020 – 19:20 WIB
Perlu Evaluasi Segera Pola Pengendalian Covid-19 - JPNN.com
Warga yang mewaspadai virus corona menggunakan masker wajah. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah perlu melakukan evaluasi pola penanganan dan pengendalian Covid-19, mengingat prediksi terkait penyebaran Corona yang diungkapkan di awal wabah meleset dari perkiraan.

Hasil evaluasi dapat menjadi pegangan dalam membuat strategi baru, untuk mengendalikan sebaran virus corona di tanah air.

"Yang kita perlukan saat ini adalah langkah sistematis mengendalikan penyebaran Covid-19, sebelum vaksin corona ditemukan dan bisa diaplikasikan," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/7).

"Prediksi puncak penyebaran Covid-19 yang meleset, menunjukkan perlunya strategi baru guna menyikapi kondisi di luar prediksi ini."

Pada awal April lalu, Kepala Gugus Tugas Percepatan dan Pengendalian Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan, prediksi berdasarkan kajian Badan Intelijen Negara (BIN) bahwa puncak kasus positif Covid-19 akan terjadi akhir Juni 2020 atau akhir Juli 2020.

Prediksi puncak kasus pada akhir Juni 2020, menurut Rerie sapaan akrab Lestari, meleset.

Hingga saat ini jumlah kasus positif Covid-19 secara nasional terus meningkat. Pada 5 Juli 2020 tercatat 63.749 kasus positif Covid-19.

Sejumlah provinsi yang sudah melonggarkan PSBB, sambung Rerie, juga mulai mencatatkan peningkatan kasus positif Covid-19.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha