Perlu Komitmen DPR Pilih Pimpinan KPK Terbaik

Perlu Komitmen DPR Pilih Pimpinan KPK Terbaik
Perlu Komitmen DPR Pilih Pimpinan KPK Terbaik
JAKARTA - Praktisi hukum Universitas Indonesia (UI), Andrinof Chaniago, meminta adanya komitmen kuat dari DPR RI terkait proses pemilihan calon pimpinan KPK. DPR diharapkan dapat menentukan pimpinan KPK yang benar-benar terbaik, punya integritas dalam pemberantasan korupsi, serta tak bisa dilemahkan secara politis.

Selama ini, Andrinof menilai bahwa KPK masih lemah dari sisi politis, meskipun kuat dari sisi undang-undang. Pernyataan ini disampaikannya dengan berkaca pada proses pemilihan pimpinan KPK di era Antasari Azhar. Di masa itu katanya, saat seleksi awal, Antasari tidak termasuk dalam daftar 10 besar calon terbaik. Namun ia justru terpilih saat proses seleksi di Senayan.

"Antasari mendapat perhatian dari anggota Komisi III DPR RI saat itu, dan ia pun mengalahkan calon lain yang secara penilaian masuk dalam 10 besar," ungkap Adrinof, dalam diskusi soal calon pimpinan KPK, di sebuah restoran di Menteng, Rabu (30/6) siang.

Menurut Adrinof lagi, dalam seleksi pimpinan KPK, DPR memang memegang kunci. Oleh karena itu katanya, tanpa adanya komitmen dari DPR untuk memilih figur terbaik, punya integritas, serta berani melawan, bukan berani kompromi, maka lembaga KPK ke depan akan semakin lemah.

JAKARTA - Praktisi hukum Universitas Indonesia (UI), Andrinof Chaniago, meminta adanya komitmen kuat dari DPR RI terkait proses pemilihan calon pimpinan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News