Perlu nya Sertifikasi LSM

Perlu nya Sertifikasi LSM
Perlu nya Sertifikasi LSM
JAKARTA-Guna mengawasi dan memantau keberadaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di tanah air agar lebih transparan maka perlu kiranya diberlakukan sertifikasi terutama terkait pemeriksaan keuangan yang diterima lembaga non profit tersebut. Itu diungkapkan, pengurus Yayasan Bina Integrasi Edukasi, Pahala yang mengatakan sejak tahun 2.000 lalu jumlah LSM di tanah air tumbuh subur.

Tapi, lantaran tidak terkontrol berbagai kritik masyarakat terhadap LSM yang berkembang menjadi sinisme bahkan terhadap individu yang terlibat dalam LSM kerap terdengar perlu disikapi dengan serius. Walau, banyak LSM yang baik tapi ada juga LSM yang berdiri untuk kepentingan tertentu yang justru merugikan masyarakat. Apalagi, banyak LSM yang tidak transparan mengelola organisasinya.

”Dari ratusan LSM yang memenuhi SOP dan telah disertifikasi baru sekitar 76 organisasi saja,” ujar dia kepada wartawan di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, kemarin. Karena dengan sertifikasi, jika ada anggota LSM yang melanggar norma-norma maka dapat ditegur dengan memberikan peringatan. Sedangkan, bila ada anggota LSM yang berbuat kesalahan fatal tidak tertutup kemungkinan dikeluarkan dari LSM tersebut.

Bila tidak maka imbasnya maka LSM itu tidak akan diterima di komunitas LSM yang ada. ”Dapat blacklist di komunitas LSM,” terangnya juga. Pasalnya, jika sertifikasi tidak dilakukan maka pendonor dari luar atau dalam negeri tidak akan lagi percaya. ”Apalagi banyak anggota LSM yang dipenjara karena menyalahgunakan dana yang diterima,” ungkapnya lagi. (ibl)
Berita Selanjutnya:
Bekasi Siap Eksploitasi Gas

JAKARTA-Guna mengawasi dan memantau keberadaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di tanah air agar lebih transparan maka perlu kiranya diberlakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News