Permintaan Nadiem kepada Kepala Daerah, Ada soal Guru, Sangat Serius & Mendesak!

Permintaan Nadiem kepada Kepala Daerah, Ada soal Guru, Sangat Serius & Mendesak!
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat kunjungan ke Sulawesi Utara. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan ujung tombak transformasi pendidikan melalui Merdeka Belajar sepenuhnya berada pada guru dan kepala sekolah. Bukan di tangan pemerintah, tetapi masing-masing sekolah.

Dia menyebutkan tujuan dari program guru penggerak (PGP) adalah menjadikan guru sebagai pemimpin transformasi pendidikan.

"Kami (Kemendikbudristek) memilih guru-guru penggerak hebat, kepala sekolah penggerak, organisasi penggerak karena berani berinovatif, idealis, dan selalu memprioritaskan murid,” tutur Menteri Nadiem saat berdialog dengan 170 pemangku kepentingan PGP, sekolah penggerak, program organisasi penggerak (POP) di kota Tomohon dan kabupaten Minahasa, Jumat (6/1).

Untuk itu, lanjut Menteri Nadiem, guru penggerak tidak akan bermakna besar bagi daerah, jika para kepala daerah tidak mengangkat mereka menjadi kepala sekolah atau pengawas.

Menurutnya, guru-guru penggerak ini mampu memberikan perubahan besar bagi dunia pendidikan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Mendikbudristek Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

“Ini adalah hak bagi setiap guru penggerak untuk menjadi kepala sekolah maupun pengawas. Kami berikan mereka posisi sebagai pemimpin supaya bisa membuktikan dan mendorong gerakan transformasi pendidikan,” ungkapnya. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Tommy Wuwungan berkomitmen akan memberikan masukan kepada kepala daerahnya untuk mengangkat guru penggerak menjadi kepala sekolah dan pengawas.

Jika regulasi guru penggerak sebagai pengawas terbit tahun ini, dia berjanji akan mengakat 60 guru penggerak jadi pengawas. 

Permintaan Nadiem Makarim kepada kepala daerah, ada soal guru, sangat serius dan mendesak!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News